Penyearah Gelombang Penuh Dengan 4 Dioda

Penyearah Gelombang Penuh Dengan 4 Dioda - Hallo sahabat TIPS BELAJAR BISNIS ONLINE DAN INTERNET MARKETING, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Penyearah Gelombang Penuh Dengan 4 Dioda, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Materi Dasar Elektronika, Artikel Semester 2, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Penyearah Gelombang Penuh Dengan 4 Dioda
link : Penyearah Gelombang Penuh Dengan 4 Dioda

Baca juga


Penyearah Gelombang Penuh Dengan 4 Dioda

Penyearah Gelombang Dengan 4 Dioda

Sebelumnya sudah kita bahas mengenai penyearah gelombang dengan 2 dioda. Sebelum kita bahas mengenai penyerah gelombang 4 dioda kita harus memahami untuk yang dua dioda. Silahkan pahami terlabih dahulu.Penyearah gelombang penuh dengan 4 dioda juga di kenal dengan nama penyearah jembatan. Penyearah ini tidak mempunyai CT (atau center tap) berbeda dengan yang menggunakan 2 dioda kemaren. Untuk skematik rangkaian penyearah ini di tunjukan dalam gambar berikut ini.

Penyearah Gelombang Penuh Dengan 4 Dioda


Prinsip kerja penyearah jembatan (dengan 4 dioda)

Ketika polaritas T1 lebih positif dari pada T2, arus mengalir dari T1 menuju ke titik Q1. Kemudian dari Q1 arus melewati D2 menuju ke titik B2. Dari B2 arus akan melewati beban dan menuju ke B1. Dari B1 arus akan mengalir ke D3 dan tidak ke titik D1 (karena potensial Q1 lebih tinggi dari pada B1). Kemudian dari D3 arus akan mengalir ke Q2  dan kembali lagi ke tafo melewati titik T2.

Sebaliknya ketika T2 mempunyai polaritas yang lebih postif dari pada T1 maka arus mengalir dari T2 ke Q2. Kemudian ke B2 dengan terlebih dahulu melewati D4. Arus mengalir melewati beban dari B2 ke B1 kemudian ke D1 bukan ke B3 (karena potensial Q2 lebih tinggi dari pada B1). Setelah melewati D1 arus mengalir ke Q1 dan kembali lagi ke trafo melalui titik T1. Jadi D2 dan D3 menghantar pada setengah periode kemudian D4 dan D1 menghantar pada setengah periode berikutnya, demikian seterusnya saling bergantian dalam mengahantarkan arus. Untuk hasil sinyalnya setengah di searahkan dengan 4 dioda maka akan menjadi sebagai berikut.

Penyearah Gelombang Penuh Dengan 4 Dioda



Itu adalah prinsip kerja dari penyearah gelombnag penuh dengan 4 dioda. Silahkan di pahami dan di pelajari terlabih dahulu prinsip kerjanya. Karena jika ini tidak pahami maka kedepannya akan susah. Untuk rumus perhitungannya akan menyusul pada postingan berikutnya.



Demikianlah Artikel Penyearah Gelombang Penuh Dengan 4 Dioda

Sekianlah artikel Penyearah Gelombang Penuh Dengan 4 Dioda kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Penyearah Gelombang Penuh Dengan 4 Dioda dengan alamat link https://tipstopmarketing.blogspot.com/2016/05/penyearah-gelombang-penuh-dengan-4-dioda.html

0 Response to "Penyearah Gelombang Penuh Dengan 4 Dioda"

Post a Comment

Jika Ingin Membaca artikel ini klik Pada Image Di artikel