Langkah Mudah Menyelesaikan Teori Superposisi dan Contoh Dalam Percobaan

Langkah Mudah Menyelesaikan Teori Superposisi dan Contoh Dalam Percobaan - Hallo sahabat TIPS BELAJAR BISNIS ONLINE DAN INTERNET MARKETING, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Langkah Mudah Menyelesaikan Teori Superposisi dan Contoh Dalam Percobaan, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Materi Dasar Teknik Elektro, Artikel Materi Kuliah Elektro, Artikel Materi Pengantar Teknik Elektro, Artikel Semester 1, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Langkah Mudah Menyelesaikan Teori Superposisi dan Contoh Dalam Percobaan
link : Langkah Mudah Menyelesaikan Teori Superposisi dan Contoh Dalam Percobaan

Baca juga


Langkah Mudah Menyelesaikan Teori Superposisi dan Contoh Dalam Percobaan

Langkah Mudah Menyelesaikan Teori Superposisi dan Contoh Dalam Percobaan


Pada postingan sebelumnya kita sudah bahas tentang Langkah-lagkah Menyelesaikan Teori Norton Dan Contoh Percobaannya. Pada postingan selanjutnya ini, kita akan membahas tentang langkah menyelesaikan soal dengan Teori SUPERPOSISI dan contoh dalam percobaannya. Bagi mahasiswa elektro, kita harus memahami teori-teori dalam menyelesaikan suatu rangkaian. Sebenernya apa sih keguanaan teori Norton, Superposisi, Kirchoff ? Jadi teori-teori tersebut di gunakan untuk menyederhanakan suatu rangkaian, sehingga kita bisa menyelesaikan suatu rangkaian dengan mudah. Biasanya ada suatu rangkaian yang banyak dan ribet, nah jika kita sudah paham dengan teori-teori dasar ini, maka kita akan dengan mudah untuk menyelesaikannya. Dalam postingan ini saya harap kita bisa memahami teori Superposisi, teori ini memang sering di pasang dalam analisis rangkaian. Oleh karena itu kita harus memahami Teori SUPERPOSISI dengan sungguh-sungguh. Oke bagi yang belum baca teori norton, silahkan baca terlebih dahulu : Langkah-lagkah Menyelesaikan Teori Norton Dan Contoh Percobaannya.
  • Teorema Superposisi

Sebuah jaringan linear yang mengandung satu atau lebih sumber tegangan dan atau sumber arus yang bebas dapat dianalisis guna mendapatkan besarnya tegangan dan arus pada setiap cabangnya. Prosesanalisisnya dengan memandang rangkaian dari satu sumber dalam satu waktu dan sumber tegangan lain dihubung singkat dan sumber arus dihubung buka. Hasil dari analisis tiap sumber dijumlahkan untuk mendapatkan nilai arus atau tegangan yang diinginkan. Prinsip ini dapat digunakan karena adanya sifat linear dari arus dan tegangan. Sebagai ilustrasi, perhatikanrangkaian berikut. Jika ingin mengetahui besarnya arus yang mengalir pada R5 maka :

Langkah Mudah Menyelesaikan Teori Superposisi dan Contoh Dalam Percobaan
Langkah Penyelesaiannya

1. Langkah pertama:
Rangkaian dipandang dari salah satu sumber tegangan V1 dengan sumber tegangan V2 dihubung singkat (hs) dan sumber arus I dihubung buka (hb). Kemudian baru dihitung besarnya arus (Iv1)yang mengalir pada R5 karena pengaruh sumber tegangan V1.
Langkah Mudah Menyelesaikan Teori Superposisi dan Contoh Dalam Percobaan
2. Langkah kedua:
Rangkaian dipandang dari sumber tegangan V2 dengan sumber tegangan V1 dihubung singkat (hs) dan sumber arus I dihubung buka (hb). Kemudian baru dihitung arus (Iv2) yang mengalir pada R5 karena pengaruh V2.

Langkah Mudah Menyelesaikan Teori Superposisi dan Contoh Dalam Percobaan

3. Langkah ketiga:
Rangkaian dipandang dari sumber arus I, dengan sumber tegangan V1 dan V2 dihubung singkat. Kemudian baru dihitung besarnya arus (I3) yang mengalir pada R5karena pengaruh sumber arus I. 
Langkah Mudah Menyelesaikan Teori Superposisi dan Contoh Dalam Percobaan



4. Langkah keempat :
Menjumlahkan semua arus yang diperoleh dari pengaruh semua sumber tegangan dan arus.
Iab = Iv1 + Iv2+ I3                                                                                   (4.8)
Jika diinginkan mencari besarnya tegangan pada R5 maka
Vab = Iab . R5






Langkah Parktek Percobaan

a.    Susun rangkaian sebagai berikutdengan nilai resistor bebas. V1 = 6VDC dan V2 = 9VDC.
Langkah Mudah Menyelesaikan Teori Superposisi dan Contoh Dalam Percobaan


b.    Ukur besarnya arus yang mengalir pada R3(IR) dan tegangannya (VR).
c.    Hilangkan sumber tegangan V2, hubung singkat tempat sumber tegangan V2 tersebut, sehingga rangkaian hanya dicatu oleh sumber V1.
d.   Ukur besarnya arus yang mengalir pada tahanan R3(I’R).
e.    Hilangkan sumber tegangan V1dan hubung singkat tempat sumber tegangan V1 tersebut, sehingga rangkaian hanya dicatu oleh sumber V2.
f.     Ukur besarnya arus yang mengalir pada tahanan R3(I’’R).
g.    Jumlahkan keduaarus hasil pengukuran tersebut dengan mempertimbangkan arah arus dan hitung besarnya tagangan pada R3.
h.    Bandingkan hasil pegukuran pada langkah (b) dengan hasil perhitungan pada langkah (g).
i.      Ulangi untuk R5.

  •     Kesimpulan
   Kita harus memahami setiap langkah dalam penyelesaian teorema superposisi. Jadi agar teman-teman bisa memahami, maka bacalah pelan-pelan sambil di pahamai setiap langkahnya. Jika teman-teman ada pertanyaan, silahkan di tanyakan di komentar.




Demikianlah Artikel Langkah Mudah Menyelesaikan Teori Superposisi dan Contoh Dalam Percobaan

Sekianlah artikel Langkah Mudah Menyelesaikan Teori Superposisi dan Contoh Dalam Percobaan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Langkah Mudah Menyelesaikan Teori Superposisi dan Contoh Dalam Percobaan dengan alamat link https://tipstopmarketing.blogspot.com/2016/06/langkah-mudah-menyelesaikan-teori.html

0 Response to "Langkah Mudah Menyelesaikan Teori Superposisi dan Contoh Dalam Percobaan"

Post a Comment

Jika Ingin Membaca artikel ini klik Pada Image Di artikel