Apa itu TKD(Test Kompetensi Dasar)

Apa itu TKD(Test Kompetensi Dasar) - Hallo sahabat TIPS BELAJAR BISNIS ONLINE DAN INTERNET MARKETING, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Apa itu TKD(Test Kompetensi Dasar), kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Petunjuk, Artikel Ujian, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Apa itu TKD(Test Kompetensi Dasar)
link : Apa itu TKD(Test Kompetensi Dasar)

Baca juga


Apa itu TKD(Test Kompetensi Dasar)

Apa itu TKD?
TKD adalah soal test yang berasal dari Badan Kepegawaian Negara(BKN).Test ini terdiri atas tiga bagian yaitu:Test Intelegensi Umum(TIU)Test Wawasan Kebangsaan(TWK)dan Test Karakteristik Pribadi(TKP).Test ini biasanya digunakan untuk tes dasar masuk PNS,tapi akhir-akhir ini sering digunakan dalam proses seleksi berbagai sekolah kedinasan seperti STMKG(BMKG),IPDN,STAN dll.Pada dasarnya soal-soal TKD itu untuk masing-masing jenjang pendidikan tentunya berbeda, baik jenis soalnya maupun tingkat kesulitannya.TKD untuk lulusan SMA akan berbeda dengan TKD untuk jenjang Diploma/Sarjana.
bkp2d.riau.go.id


Standarisasi
BKN telah menetapkan jika ingin lolos dari tahap ini maka peserta harus memenuhi kriteria penilaian,yaitu nilai tidak boleh di bawah 75 untuk TIU,70 untuk TWK dan 126 untuk TKP,jadi skor minimal adalah 271.Tapi perlu diketahui misalnya anda mendapat TIU:120 TWK:110 dan TWK 125 anda tetap dinyatakan tidak lulus meskipun anda mendapat skor yang tinggi,karena anda tidak memenuhi standarisasi pada bagian TWK yang di tetapkan BKN.

Untuk Informasi mengenai berbagai sekolah Kedinasan seperti BIN,STAN,IPDN silahkan kunjungi
KuliahGratisIndonesia



Penilaian
Pada TKD BKN menerapkan sistem penilaian dengan skor 5 per 1 soal dan tidak dikenakan minus apabila salah,peraturan ini hanya untuk bagian TIU dan TWK sementara untuk TKP tidak ada nilai kosong semua pilihan memiliki skor diurutkan berdasarkan jawaban yang paling tepat,misalnya anda menjawab soal dengan pilihan A ternyata A bukanlah jawaban yang paling tepat tapi anda masih mendapat skor,jadi skala penilaiannya antara 1-5,5 poin untuk jawaban paling tepat.


Jumlah Soal
Soal berjumlah 100 soal dengan komposisi TIU:35 TWK:30 dan TKP:35.Kalo dipahami secara bagus kita sudah mendapat skor sebanyak 35 dari TKP karna semua soalnya bernilai.


Waktu
Waktunya cuma 90 menit,jadi waktu persoalnya tidak sampe 1 menit dalam pengerjaannya


Materi Test Intelegensi Umum

  1. Kemampuan Verbal:Sinonim(Persamaan Kata),Antonim(Lawan Kata),Padanan hubungan kata,dan tes pengelompokan.
  2. Kemampuan numerik yang terdiri atas : Tes aritmetik (hitungan) : Tes Seri angka, Tes Seri huruf, Tes Logika Angka, dan Tes Angka dalam cerita.
  3. Kemampuan berpikir logis dan analisis Tes Logika Umum yang terdiri dari bagian : Tes Analisa Pernyataan, Tes Kesimpulan Silogisme, dan Tes logika Cerita.



Materi Test Wawasan Kebangsaan

  1. Pancasila
  2. Undang Undang Dasar 1945
  3. Bhinneka Tunggal Ika
  4. Negara Kesatuan Republik Indonesia
  5. Tata negara 
  6. Kepemerintahan
  7. Sejarah Nasional
  8. Peran Indonesia secara internasional



Materi Test Karakteristik Pribadi

  1. Integritas diri
  2. Semangat berprestasi
  3. Kreativitas dan inovasi
  4. Orientasi pada pelayanan
  5. Orientasi kepada orang lain
  6. Kemampuan beradaptasi
  7. Kemampuan mengendalikan diri
  8. Kemampuan bekerja mandiri dan tuntas
  9. Kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan
  10. Kemampuan bekerja sama dalam kelompok
  11. Kemampuan menggerakkan dan mengkoordinir orang lain.




Demikianlah Artikel Apa itu TKD(Test Kompetensi Dasar)

Sekianlah artikel Apa itu TKD(Test Kompetensi Dasar) kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Apa itu TKD(Test Kompetensi Dasar) dengan alamat link https://tipstopmarketing.blogspot.com/2015/11/apa-itu-tkdtest-kompetensi-dasar.html

0 Response to "Apa itu TKD(Test Kompetensi Dasar)"

Post a Comment

Jika Ingin Membaca artikel ini klik Pada Image Di artikel