Materi Tkj - Pengertian VPN (Virtual private network)

Materi Tkj - Pengertian VPN (Virtual private network) - Hallo sahabat TIPS BELAJAR BISNIS ONLINE DAN INTERNET MARKETING, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Materi Tkj - Pengertian VPN (Virtual private network), kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Teknik komputer jaringan, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Materi Tkj - Pengertian VPN (Virtual private network)
link : Materi Tkj - Pengertian VPN (Virtual private network)

Baca juga


Materi Tkj - Pengertian VPN (Virtual private network)

1. Pengertian VPN
VPN adalah singkatan kata dari Virtual Private Network yaitu suatu koneksi antara satu jaringan dengan jaringan lainnya secara privat melalui jaringan publik (Internet). VPN disebut Virtual network karena menggunakan jaringan publik (Internet) sebagai media perantaranya alias bukan koneksi langsung. Dan disebut Private network karena jaringannya bersifat privat, dimana hanya orang tertentu saja yang bisa mengaksesnya. Data yang dikirimkan pun terenkripsi sehingga aman dan tetap rahasia meskipun dikirim melalui jaringan publik.

2. Cara Kerja VPN
Cara kerja  VPN ibarat seperti membuat jaringan di dalam jaringan atau biasa disebut tunneling (membuat terowongan). Tunneling adalah suatu cara untuk membuat jalur koneksi secara privat dengan menggunakan infrastruktur jaringan lain. Pada dasarnya VPN juga membutuhkan sebuah server sebagai penghubung dan pengatur antar client.

3. Kelebihan VPN

  • VPN memungkinkan karyawan/pengguna untuk terkoneksi dengan jaringan internal kantornya dari manapun diseluruh dunia, yang penting terhubung dengan internet.
  • Waktu yang dibutuhkan untuk menghubungkan jaringan kantor-kantor cabang ke jaringan kantor pusat lebih lebih cepat, karena hanya dengan menyediakan akses internet di kantor-kantor cabang otomatis kantor cabang tersebut bisa langsung dikoneksikan ke jaringan di kantor pusat.
  • Sedangkan penggunaan leased line sebagai WAN akan membutuhkan waktu yang lama untuk membangun jalur koneksi khusus dari kantor cabang yang baru dengan perusahaan induknya. Dengan demikian penggunaan VPN secara tidak langsung akan meningkatkan efektivitas dan efisiensi kerja.


Demikianlah Artikel Materi Tkj - Pengertian VPN (Virtual private network)

Sekianlah artikel Materi Tkj - Pengertian VPN (Virtual private network) kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Materi Tkj - Pengertian VPN (Virtual private network) dengan alamat link https://tipstopmarketing.blogspot.com/2016/01/materi-tkj-pengertian-vpn-virtual.html

0 Response to "Materi Tkj - Pengertian VPN (Virtual private network)"

Post a Comment

Jika Ingin Membaca artikel ini klik Pada Image Di artikel