Bahan Kuliah Dasar Elektronika "Dioda Schottky"

Bahan Kuliah Dasar Elektronika "Dioda Schottky" - Hallo sahabat TIPS BELAJAR BISNIS ONLINE DAN INTERNET MARKETING, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Bahan Kuliah Dasar Elektronika "Dioda Schottky", kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Materi Dasar Elektronika, Artikel Semester 2, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Bahan Kuliah Dasar Elektronika "Dioda Schottky"
link : Bahan Kuliah Dasar Elektronika "Dioda Schottky"

Baca juga


Bahan Kuliah Dasar Elektronika "Dioda Schottky"

Bahan Kuliah Dasar Elektronika "Dioda Schottky"

Pada materi sebelumnya sudah saya bagikan mengenai materi tentang dioda khusu jenis LED, untuk sekarang dioda khusus yang akan kita bahas adalah Dioda Schottky. Apakah teman-teman sudah pernah mendengarnya ? Mungkin kebanyakan belum, karena memang jenis dioda ini memiliki ciri khusus atau kegunaannya yang sedikit khusus di banding dengan dioda lainnya, dan sedikit lebih mahal. Oke langsung saja kita mulai belajarnya.
Ketika mengalami transisi dari bias balik menuju ke bias maju atau sebaliknya, dioda akan mengalami kondisi transien. Pada kondisi transien terjadi tunda waktu di mana terjadi proses recovery transien. Bentuk gelombang yang di hasilkan saat terjadi transien kadang-kadang tidak di inginkan. Seperti pada gambar berikut ini.

Bahan Kuliah Dasar Elektronika "Dioda Schottky"

Untuk itu di buatlah sebuah dioda yang khusus di gunakan pada frekuensi tinggi sehingga dapat menghilangkan sifat transien dioda yang tidak di inginkan. Dioda ini di beri nama dioda SCHOTTKY sesuai dengan nama penemunya Walter H. Schottky seorang ilmuan dari Jerman. Dioda ini di buat dari bahan logam mulia, seperti Emas, perak atau platina, yang di padukan dengan semikonduktor Tipe-N.

Kelebihan pada dioda Schottky

Tegangan maju lebih rendah daripada diodalainnya, yaitu hanya 0,25 volt
Tegangan dadal lebih tinggi
Kemampuan switching lebih cepat, yaitu dapat mencapai ±300 MHz
Lebih tahan terhadap gangguan noise/derau

Simbol dan struktur sederhana pada dioda schottky di tunjukan pada gambar berikut ini

Bahan Kuliah Dasar Elektronika "Dioda Schottky"
simbol dioda schottky

Karena harganya yang mahal dan penggunaannya yang lebih spesifikasi sehingga dioda ini lebih sulit di temukan di banding dengan jenis dioda lainnya. Penggunaan dioda jenis ini sendiri di anataranya sebagai mixer atau dioda detector pada apliaksi frekuensi radio dan sebagai penyearah dengan daya yang besar.
Bahan Kuliah Dasar Elektronika "Dioda Schottky"
beberapa contoh dioda schottky
Untuk pembahasan yang selanjutnya kita akan membahas mengenai Dioda Tunnel dan photo dioda.
source : Buku Dasar Elektronika Uii Press by Hendra Setiawan S.T.,M.Eng.,Ph.D.


Demikianlah Artikel Bahan Kuliah Dasar Elektronika "Dioda Schottky"

Sekianlah artikel Bahan Kuliah Dasar Elektronika "Dioda Schottky" kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Bahan Kuliah Dasar Elektronika "Dioda Schottky" dengan alamat link https://tipstopmarketing.blogspot.com/2016/04/bahan-kuliah-dasar-elektronika-schottky.html

0 Response to "Bahan Kuliah Dasar Elektronika "Dioda Schottky""

Post a Comment

Jika Ingin Membaca artikel ini klik Pada Image Di artikel