Bias Maju dan Balik Pada Dioda

Bias Maju dan Balik Pada Dioda - Hallo sahabat TIPS BELAJAR BISNIS ONLINE DAN INTERNET MARKETING, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Bias Maju dan Balik Pada Dioda, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Materi Dasar Elektronika, Artikel Semester 2, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Bias Maju dan Balik Pada Dioda
link : Bias Maju dan Balik Pada Dioda

Baca juga


Bias Maju dan Balik Pada Dioda

Bias Maju dan Balik Pada Dioda

Sebelumnya kita sudah bahas semua tentang jenis-jenis dioda khusus. Sekarang kita akan membahas mengenai prinsip kerja dioda itu sendiri. Setelah kita mengetahui berbagai jenis dioda, mari kita selanjutnya untuk mempelajari prinsip-prinsip kerja dioda mulai dari dasar-dasar prinsip kerja dioda hingga nantinya pendekatan-pendekatan dioda. Ini merupakan materi kuliah saya, yaitu matkul Dasar Elektronika. Oke langsung saja mari kita simak penjelasannya dengan serius agar nantinya dalam memahami cara kerja dioda bisa mudeng.
Materi sebelumnya : Dioda Tunnel dan Dioda Laser DAN Jenis Dioda Varactor

Sebelum kita mengenal bagaimana cara kerja dioda, kita harus tahu terlebih dahulu bahwa dioda memliki 2 sambungan yaitu P-N. Dimana P ini memiliki memiliki jumlah HOLE yang lebih banyak, sedangkan N memiliki elektron yang lebih banyak dari pada P. Pertanyaannya bagaimana jika P dan N di sambungkan ? Inilah yang akan menjadi komponen elektronika yang sering kita sebut dengan Dioda. Untuk ilustrasi penyambungan antara P dan N bisa di lihat pada gambar berikut ini.
Seperti yang kita ketahui bahwa P mempunyai potensial yang lebih positif dari pada sisi N. Pada kondisi yang demikian elektron bebas di Tipe P akan tertarik dengan potensial positif yang di sambungkan ke dirinya, sehingga terjadi aliran elektron dari tipe P ke sumber tegangn positif. Dengan berkurangnya kosentrasi elektron bebas pada sisi P, maka kosentrasi hole akan meningkat dan tegangan pada barrier akan menurun. Keadaan ini memungkinkan elektron bebas dari N akan mengalir ke P. Sementara itu N akan semakin berpotensial positif karena kehilangan elektron Potensial positif ini akan menarik elektron yang ada di sumber tegangan negatif untuk mengalir ke N. proses tersebut akan berlansung terus menerus. Sehingga terjadilah aliran elektron bebas dari sumber tegangan negatif ke N, dari N ke tipe P, dari P ke tegangan positif dan seterusnya. Untuk jelaskan perhatikan gambar berikut ini.

Gambar Bias Maju Dioda P-N

Bias Maju dan Balik Pada Dioda
Dioda P-N di Bias Maju => Terjadi Aliran elektron pada arah ED-N-P-ED  

Namun perlu di ketahui bahwa saat melewati sambungan P-N, baik elektron bebas maupun hole harus bisa melawan potensial barrier yang ada di tengang atau antara sambungan P dan N. Agar elektron bebas dan hole mampu mlewati potensial barrier tersebut maka tegangan ekternal (ED) yang di terapkan ke dioda P-N harus mempunyai tegangan di atas potensial barrier. Makin besar pula arus yang akan mengalir.

Apabila polaritas ED di balik seperti pada gambar di bawah ini, maka bias yang terjadi adalah bias balik (reverse bias). Pada kondisi balik, potensial barrier akan meningkat sehingga makin mempersulit elektron bebas dan hole untuk mengalir. Peningkatan ini di sebabkan oleh sisi P yang bermuatan negatif di hubungkan dengan potensial negatif dan sisi N yang bermuatan positif di hubungan dnegan tegangan ekternal ED. jadi pada kondisi balik, arus tidak akan mengalir. Namun jika kita ukur dnegan alat ukur maka kita akan mendapatkan adanya arus yang mengalir walaupun itu sangat kecil. Arus ini di sebabkan oleh energi termal dan tidak akan bertambah bila tegangan sumber eksternal ED di naikan.

Bias Balik Dioda P-N

Bias Maju dan Balik Pada Dioda
Dioda P-N DI Bias Balik => Terjadi Aliran arus kecuali arus akan bocor



Apabila tegangan ED di naikan terus menerus maka pada suatu nilai tertentu akan di hasilkan arus yang sangat besar. Pada saat itu diode dalam keadaan rusak/dadal dan akan bertindak seperti konduktor biasa. Nilai tegangan tersebut di kenal dengan nama tegangan dadal (break down voltage), atau teganagn balik puncak  (peak reverse maximum)

Penting

Saya yakin jika hanya di baca 1 2 kali maka tidak akan paham mengenai cara kerja dioda ini. walaupun sebenernya mudah, tapi jika hanay di baca 1 2 3 kali maka saya akin belum paham. Oleh karena itu baca berulang-ulang sambil di pahami sedikti demi sedikit. Jika memang masih belum paham atau ada bagian yang kurang jelas, silahakn bergabung di Forum Tanya Jawab & Belajar. Di forum kita bisa leluasa bertanya dan saling sharing.


Demikianlah Artikel Bias Maju dan Balik Pada Dioda

Sekianlah artikel Bias Maju dan Balik Pada Dioda kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Bias Maju dan Balik Pada Dioda dengan alamat link https://tipstopmarketing.blogspot.com/2016/04/bias-maju-dan-balik-pada-dioda.html

0 Response to "Bias Maju dan Balik Pada Dioda"

Post a Comment

Jika Ingin Membaca artikel ini klik Pada Image Di artikel