Konsep Sambungan Dioda P-N

Konsep Sambungan Dioda P-N - Hallo sahabat TIPS BELAJAR BISNIS ONLINE DAN INTERNET MARKETING, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Konsep Sambungan Dioda P-N, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Materi Dasar Elektronika, Artikel Semester 2, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Konsep Sambungan Dioda P-N
link : Konsep Sambungan Dioda P-N

Baca juga


Konsep Sambungan Dioda P-N

Sambungan Dioda P-N

Sebenernya sebelum memahami bagaimana cara kerja dioda, kita harus memahami prinsip sambungan dioda P-N. Karena Dioda P-N adalah dasar pembuatan dioda. Oke bagi yang masih bingung dengan cara kerja dioda yang sudah saya posting di sini Bias Maju dan Balik Pada Dioda

, mari kita pahami terlebih dahulu tentang sambungan P-N pada dioda.

Kita ketahui bersama bahwa bahan smeikonduktor ektrinsik memiliki kelebihan dalam hal kemampuan daya hantar listrik yang lebih bagus di banding dengan tipe instrinsik. Ini di sebabkan karena tipe ektrinsik memiliki banyak pembawa muatan dari pada tipe instrinsik. Pada tipe elktrinsik tipe P banyak Hole dari pada elektron bebasnya, Tetapi tipe N memiliki jumlah elektron yang lebih banyak di banding negan tipe P. Bagaimana jika keduanya kita sambungkan, antara P dengan N ? Jawabannya akan di jelaskan pada uraian materi berikut ini.

Sambungan Dioda P-N
Mari kita lihat dua buah semikonduktor tipe P dan N yang saling berdiri sendiri pada gambar di atas. Pada tipe P terdapat banyak hole sedangkan pada tipe N terdapat banyak elektron. Walaupun demikian, semua bahan terdapat hole dan elektron bebas pada keadaan ini setiap bahan bermuatan netral karena atom-atom penysun bahan tersebut semuanya bermuatan netral.
Sata kedua bahan ini di sambungkan, pada daerah sambungan akan terjadi aliran arus sesaat. Mengapa bisa terjadi arus ? karena elektron bebas pada tipe n akan pindah ke tipe N yang banyak mengandung hole. Setalah semua elektron bebas di daerah sambungan bergabun dengan hole maka elektron bebas dan hole akan menghilang .

Karena pada awalnya bermuatan netral, maka dengan kejadian di atas bahan akan menjadi bermuatan. Tipe P mendapat tambahan elektron sehingga menjadi bermuatan negatif, sedangkan tipe N kehilangan elektron sehingga bermuatan positif. Sehingga bila di ukur maka antara kedua bahan akan terdapat beda potensial. Beda potensial ini di sebut sebagai potensial penghalang  atau potensial barrier. Dinamakan demikian karena beda potensial ini ikut andil dalam menghalangi elektron bebas pada tipe N untuk tidak mengalir dan bergabung dengan hole yang ada pada tipe P.
Pada suhu kamar 300 derajat Kelvin, nilai potensial ini sekitar 0.7 volt untuk bahan silikon dan 0.3 volt untuk bahan germanium.


Demikianlah Artikel Konsep Sambungan Dioda P-N

Sekianlah artikel Konsep Sambungan Dioda P-N kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Konsep Sambungan Dioda P-N dengan alamat link https://tipstopmarketing.blogspot.com/2016/04/konsep-sambungan-dioda-p-n.html

0 Response to "Konsep Sambungan Dioda P-N"

Post a Comment

Jika Ingin Membaca artikel ini klik Pada Image Di artikel