Contoh Soal Seputar Dioda (Lengkap)

Contoh Soal Seputar Dioda (Lengkap) - Hallo sahabat TIPS BELAJAR BISNIS ONLINE DAN INTERNET MARKETING, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Contoh Soal Seputar Dioda (Lengkap), kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Contoh Soal+Pembahasan, Artikel Materi Dasar Elektronika, Artikel Soal-Soal Dasar Elektronika, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Contoh Soal Seputar Dioda (Lengkap)
link : Contoh Soal Seputar Dioda (Lengkap)

Baca juga


Contoh Soal Seputar Dioda (Lengkap)

Contoh Soal Seputar Dioda (Lengkap)

Sebelum kita menuju soal-soal lathan tentang dioda, sebaiknya bagi yang belum beajar mengenai dioda, di sarankan untuk mempelajarinya. Silahkan buka postingan saya sebelumnya, mengenai :
Pada pertemuan kali ini kita akan membahas contoh soal mengenai dioda, siapa tahu di antara temen-temen ada yang endapatkan soal seperti yang akan kita bahas nanti ketika UTS mata kuliah Dasar elektronika. Oke langsung saja kita menuju pembahasannya.

Contoh Soal No. 1

Contoh Soal Seputar Dioda (Lengkap)
http://kuliah-e.top

Tentukanarusyang melaluidioda, bila:
• dioda dianggapideal
• digunakan pendekatanpertamadimanadiodayang digunakanadalahdiodasilikon
• digunakanpendekatankeduadenganjenisdiodayang digunakanadalahsilikondannilaihambatandalamnya100 ohm.

Jawab :

Dari gambar terlihat ada sebuah sumber tegangan 10 Volt kemudia ada dioda yang mengarah ke kanan (atau ke arah resistor 1.9k). 
  • Dari perintah soal kita di suruh untuk mencari arus dengan ketentuan bahwa dioda di anggap dioda ideal (atau kita mengabaikan resistor) mengapa kok bisa begitu ? silahkan baca postingan sebelumnya mengenai Model Pendekatan Pada Dioda
Oke karena resistor di abaikan maka langsung saja kita masukan rumusnya :

Contoh Soal Seputar Dioda (Lengkap)

  • Untuk perintah yang kedua kita masih sama di suruh untuk mencari arusnya, tetapi dengan ketentuan dengan menggunakan pendekatan pertama. Bagi yang belum paham mengenai pendekatan pertama,silahkan baca di postingan sebelumnya mengenai Macam-macam pendekatan pada dioda, silahkan klik tautan di atas tadi.
Oke langsung saja kita masukan rumusnya.
Contoh Soal Seputar Dioda (Lengkap)

  • Untuk yang ketiga masih sama, hanya saja dengan pendekatan yang kedua. Langsung saja kita masukan rumusnya
Contoh Soal Seputar Dioda (Lengkap)

Contoh Sola No.2

• Padacontoh di atas, tentukanteganganyang munculantarakaki anodadankatodadiodadenganmengganggapdiodaideal, denganpendekatanpertamadandenganpendekatankedua.

Jawab :


=>• Untukdiodaideal, tidakadapotential barrier dan hambatandalam, sehinggauntukdiodaideal ketikadibiasmajuakanmempunyaisifatsebagaikonduktorbiasa. Dengankata lain tidakmunculbedapotensialantarakaki anodadankatoda.
=>• Untukpendekatanpertama, diodadapatdigantikandengansumbertegangansenilai0,7 volt (diodasilikon) dantidakmempunyaihambatandalam. Sehinggasaatdibiasmaju, teganganyang munculantarterminal diodasamadengannilaiteganganpenggantidiodayaitu0,7 volt.
=>•Untuk pendekatankedua, diodadigantikandengansebuahsumbertegangan0,7 volt dansebuahhambatandalam100 ohm. Sehinggateganganyang akanmunculsebesar,
Contoh Soal Seputar Dioda (Lengkap)

Soal Latihan 1


Contoh Soal Seputar Dioda (Lengkap)

  1. Tentukanarusnyayang melaluidiodadanhambatan2 kW. Diodayang digunakandianggapideal.
  2. Jika gambar dioda di atas arahdiodanyadibalik (di balik ke kanan), tentukanteganganyang munculpadahambatan2 kW.

Soal Latihan 2

Contoh Soal Seputar Dioda (Lengkap)
http://kuliah-e.top

Tentukan dioda mana yang dibias maju dan dioda mana yang dibias balikTentukan pula kondisi masing-masing lampu apakah mati atau hidup. (L itu gambar lampu)

Silahkan jawab 2 soal di atas, ini untuk melatih kemampuan anda. Jika ada yang bingung silahkan di tanyakan di komentar atau jika inging lebih banyak bertanya, silahkan daftar di forum jawab soal kemudian teman-teman bisa leluasa dalam bertanya. Oiya, jika sudah di jawab 2 soal di atas, di share ya di forum atau di komentar ini. Biar saya koreksi bener atau enggak.


Demikianlah Artikel Contoh Soal Seputar Dioda (Lengkap)

Sekianlah artikel Contoh Soal Seputar Dioda (Lengkap) kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Contoh Soal Seputar Dioda (Lengkap) dengan alamat link https://tipstopmarketing.blogspot.com/2016/04/contoh-soal-seputar-dioda-lengkap.html

0 Response to "Contoh Soal Seputar Dioda (Lengkap)"

Post a Comment

Jika Ingin Membaca artikel ini klik Pada Image Di artikel