Teknik Menulis Artikel Berkualitas

Teknik Menulis Artikel Berkualitas - Hallo sahabat TIPS BELAJAR BISNIS ONLINE DAN INTERNET MARKETING, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Teknik Menulis Artikel Berkualitas, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Blogging, Artikel Trik, Artikel tutorial, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Teknik Menulis Artikel Berkualitas
link : Teknik Menulis Artikel Berkualitas

Baca juga


Teknik Menulis Artikel Berkualitas

 Apa kabar sobat artikel pintar ? pada kesempatan kali ini saya akan memberikan teknik-teknik menulis artikel berkualitas dan SEO yang saya gunakan selama ini .
teknik menulis artikel berkualitas
Menurut saya ada 3 hal penting dalam sebuah artikel yaitu judul,inti,dan penutup . mengapa saya katakan begitu ? “ karena pembaca tentunya tidak akan melihat keseluruhan artikel,ia hanya melihat 3 hal tadi yaitu judul,inti,dan penutup ” .

Namun disini kita akan membuat pembaca itu membaca keseluruhan artikel tanpa ada 1 kata pun yang terlewatkan ,nah untuk itu simak dengan teliti artikel ini karena setiap teknik dibutuhkan keahlian dan pemahaman yang cukup .

Disini saya akan membagikan bukan hanya 5 atau 6 teknik tetapi 20 teknik yang bisa anda gunakan untuk membuat artikel secara keseluruhan dengan baik , namun sebelum itu saya sarankan anda agar tidak menyelingi membaca sambil praktek karena itu akan menganggu konsentrasi anda dalam memahami tiap tekniknya .

Praktek itu memang penting tapi saya sarankan untuk memahami tiap teknik terlebih dahulu baru mempraktekkanya , berikut 20 teknik tersebut .
Teknik Menulis Artikel Berkualitas Dan SEO.

Apa itu artikel berkualitas ? yaa, artikel berkualitas ialah artikel yang dapat membantu pembacanya dan berguna juga memiliki manfaat tersendiri baik pribadi ataupun orang lain ,yang menilai apakah artikel itu berkualitas atau tidak bukanlah kita sebagai penulis melainkan pembaca . Jadi jangan terlalu puas dengan artikel yang dibuat jika pembaca belum merasa puas dengan artikel tersebut .

Ket = kalimat merah ialah pertanyaan pembaca

1.Pilihlah Materi Yang Berkualitas dan Menarik

Teknik pertama,pilihlah materi yang berkualitas dan menarik .
apa itu materi berkualitas dan menarik ? materi berkualitas dan menarik ialah materi atau pembelajaran yang dicari banyak orang dan dianggap penting .
Materi berkualitas ini digunakan untuk membantu anda mempermudah mencari pengunjung karena biasanya materi seperti ini banyak dicari .
Ada beberapa cara yang bisa digunakan dalam memilih materi yang berkualitas namun tidak bisa saya jabarkan disini ,tetapi anda bisa mendownload e-book memilih materi berkualitas disini .

2.Pahami Keseluruhan Materi

Teknik yang kedua ialah anda harus memahami keseluruhan materi yang telah anda pilih tadi , jika anda sudah memahami seluruh materi dengan baik tentunya akan mudah bagi anda dalam menjabarkan kembali materi yang sudah anda pahami sehingga pengunjung puas dengan artikel yang anda buat,namun jika anda sendiri belum memahami artikel yang anda buat sendiri apakah mungkin pembaca anda bisa memahaminya ? tentu tidak .
Untuk itu dibutuhkan pemahaman materi yang cukup baik sebelum membuat artikel .

3.Research Keyword Terlebih Dahulu

research keyword

Sebelum menulis sebuah artikel , biasakan untuk research keyword (riset keyword ) terlebih dahulu. Riset ini berfungsi untuk mencari volume pencarian tertinggi dari mesin pencari .
Semakin tinggi volume pencarian yang anda pilih maka semakin mudah anda mendapatkan pengunjung , namun tentunya persaingan akan lebih ketat untuk itu disini dibutuhkan kemampuan anda dalam membuat artikel yang seo dan bisa menduduki pageone google untuk itu lanjutkan memahami teknik-teknik menulis artikel berkualitas dan seo selanjutnya .

4.Pilih Judul Yang Menarik

judul

Teknik yang keempat ialah memilih judul , judul diperlukan untuk menentukan isi artikel dan bisa juga sebagai deskripsi singkat sebuah artikel .
contoh judul

Mengapa kita memilih judul yang menarik ? jawabannya ialah untuk mendatangkan klik dan pengunjung . Menurut saya sendiri ada 3 jenis judul di dalam artikel blog yaitu :

-    Judul SEO = Artis-artis populer Indonesia
-    Judul Informasi = Inilah artis-artis populer Indonesia
-    Judul Viral = Ini !! 7 artis populer indonesia, yang ke 3 seremm

Judul viral ialah judul yang dibuat untuk mendatangkan traffik,namun biasanya judul seperti ini dapat menipu pembaca khususnya para remaja yang ingin tahu . keuntungan dari menggunakan judul ini ialah lebih mudah mendapatkan klik setiap share , namun sulit mendapatkan traffik dari google .

Saran dari saya ialah menggunakan Judul SEO karena judul seperti ini akan lebih mudah muncul di search engine dibanding judul viral atau sebagainya.

5.Gunakan Bahasa Sendiri

bahasa sendiri
Biasakan menulis artikel dengan menggunakan bahasa sendiri, mengapa demikian ? karena dengan bahasa sendiri anda akan lebih mudah dalam menulis , selain itu pembaca akan nyaman membaca tulisan dengan bahasa sendiri dibanding kata-kata buatan yang akan terlihat seperti tulisan kaku seperti robot . Coba lihat 2 contoh artikel ini :

Artikel 1
Indonesia sebagai negara sedang berkembang tentunya harus memiliki sumber daya manusia yang cukup untuk membangun negaranya sendiri . Namun ternyata yang tidak kita ketahui bahwa yang membuat kemunduran pada negara kita ialah kita sendiri dimulai dari hal yang kecil seperti membuang sampah sembarangan,kriminalitas,hingga Korupsi yang tidak henti-henti dilakukan oleh pejabat .
 

Artikel 2
Indonesia yang disebut negara sedang berkembang harus mempunyai SDM untuk mengembangkan negerinya . Namun sebenarnya indonesia bisa dibilang negara maju jika tidak rakyatnya sendiri yang memundurkannya dengan adanya kriminalitas,kebiasan buruk ,hingga korupsi .


2 artikel diatas memiliki isi dan makna yang sama namun dengan gaya penulisan yang berbeda , satu menggunakan bahasa sendiri dan satu lagi menggunakan bahasa berita .jadi sekarang posisikan diri anda sebagai pembaca apakah anda nyaman atau tidak dengan tulisan yang anda buat ? jika tidak maka perbaiki dan jika anda merasa sudah nyaman silahkan anda untuk melanjutkannya .

6.Gunakan Pemahaman Anda

Pada poin ke 2 tadi saya sudah menyarankan anda untuk memahami keseluruhan materi yang telah dipilih , sekarang tinggal anda menyertakan pemahaman anda sendiri terhadap materi yang telah anda pahami tadi didalam artikel yang anda buat , bila perlu sertakan juga pemahaman atau pendapat orang lain terhadap materi yang anda buat dengan begitu pembaca akan lebih merasa terbantu dan mudah memahami artikel anda .
Teknik menulis pemahaman ini ialah membuat materi anda sendiri atau pendapat anda sendiri kedalam sebuah artikel tadi , namun dalam menulis pemahaman anda perlu memperhatikan keserasian bagian dan pemahaman anda contoh :

Anda membahas mengenai mesin sebuah motor nah anda masuk pada bagian pelumas , anda harus memberikan pemahaman anda mengenai jenis pelumas yang cocok atau manfaat pelumas untuk mesin tersebut .

Saya sarankan anda untuk memberikan lebih banyak pemahaman kepada pembaca anda agar artikel anda lebih jelas .


7.Berikan Informasi Yang Jelas Kepada Pembaca

Teknik selanjutnya ialah memberikan informasi yang jelas , informasi yang jelas disini ialah info yang tepat,akurat , dan sesuai dengan fakta . di awal artikel ini saya sudah menyinggung mengenai 3 hal yang akan dibaca salah satunya ialah inti artikel , nah informasi yang jelas ini termasuk kedalam inti artikel jadi ini adalah bagian-bagian utama dalam sebuah artikel untuk itu anda harus benar-benar memberikan info yang bermakna dan sesuai dengan judul yang telah anda buat .
Jangan memberikan informasi yang tanggung atau setengah-setengah karena itu akan membuat pembaca anda pindah atau mencari artikel lain yang lebih lengkap daripada artikel anda .

8.Jangan Pernah Copy Paste ( copas )

copas

 


Mungkin semua orang tahu cara copy paste dan ini merupakan cara yang paling mudah dalam membuat artikel . saya sarankan anda untuk tidak pernah copy paste baik itu 1 paragraf ataupun 1 kalimat karena itu akan terbaca oleh google dan akan dianggap spamming yang bisa berpotensi banned terlebih lagi jika kita terlalu banyak copy paste .

Namun bagaimana jika orang lain mengcopas artikel kita ? kita tidak perlu khawatir karena ada pelindung artikel yaitu DMCA dan copyscape , kita bisa melaporkan blog yang telah copas artikel tadi makan pihak DMCA akan menindaklanjuti hal tersebut begitu pula jika anda mengcopas artikel orang dan orang tersebut melaporkan blog anda ke DMCA maka anda akan berurusan dengan DMCA .
Selain itu artikel copas juga berpengaruh terhadap SEO dan mampu mengurangi nilai SEO baik itu 1 kalimatpun .

8.Berikan Sedikit Contoh

Teknik yang kedelapan ialah memberikan sedikit contoh dalam sebuah artikel terhadap pembaca, contoh yang diberikan juga harus berhubungan dengan artikel yang dibuat seperti :

Hewan mamalia ,contoh = kuda,sapi,kerbau,dll .
Hewan amfibi ,contoh = katak,buaya,dll.
Kota , contoh = batam,bandung,jakarta,medan,dll.

Mungkin anda bisa scroll sedikit ke atas ,disana ada beberapa contoh yang saya berikan didalam artikel ini kurang lebih seperti itu yang harus anda buat.
Contoh ini berfungsi untuk membantu pembaca anda dalam setiap teknik-teknik sehingga pembaca langsung mengerti dan memahami artikel tersebut .

9.Perhatikan Peletakan TAG

tag
 Dalam blogging ada 6 jenis tag yaitu H1, H2, H3, H4,H5,dan H6.
H1 ialah nama blog contoh = Artikel Pintar
H2 ialah nama widget cth = Iklan
H3 ialah judul artikel cth = Teknik Menulis Artikel Berkualitas
H4 ialah subjudul contoh = Teknik Menulis Artikel cepat
H5 ialah comment box
H6 ialah footer .
Namun yang kita gunakan dalam penulisan artikel ialah H4 yaitu subjudul , subjudul ini berfungsi untuk memperkuat H3 atau judul yang ada .

Contoh :

Teknik SEO Paling Ampuh ->  H3
Ada 2 teknik seo yaitu onpage dan offpage , namun secara teknik ada 2 juga yaitu teknik blackhat dan white hat .
Teknik Seo White Hat -> H4 ( subjudul )
Teknik white hat ialah teknik seo yang menggunakan .... ..... ..


10.Perhatikan peletakkan keyword

Setelah peletakan tag, selanjutnya ialah peletakan keyword keyword ini berfungsi sebagai SEO artikel jadi disini anda harus meletakkan keyword tersebut pada posisi yang cocok agar terbaca dan terlihat baik dan kita membuatnya disini bukan untuk pembaca melainkan untuk robot google namun kita juga harus memperhatikan peletakannya dan juga kesesuaian paragraf dengan keyword agar tidak mengganggu pembaca .

Tempat keyword yang dianjurkan ialah pada 100 kata pertama , inti artikel dan akhir artikel namun jangan terlalu meletakkan banyak keyword karena akan dianggap konten spamming dan potensi bahayanya lebih besar dibanding copy paste .
Apakah harus dibedakan ? tidak perlu , karena google akan tahu meskipun tidak dibedakan lagipula membedakan itu akan menganggu pengunjung .

11.Letakkan minimal 1 gambar

insert image
Selanjutnya letakkan minimal 1 gambar didalam artikel agar pembaca tidak bosan , namun letakkan gambar yang sesuai dengan artikel itu meskipun tidak terlalu cocok tetapi setidaknya sesuai dengan topik yang dibahas .
Sebaiknya gunakan gambar original atau buatan sendiri agar tidak terkena copyright atau hak cipta , gunakan juga gambar desain grafis atau animasi agar pembaca tertarik .

Lalu apakah lebih banyak gambar lebih baik ? tidak juga , tergantung dari artikel tersebut jika artikelnya pendek dan anda meletakkan banyak gambar didalam artikel tersebut tentunya artikel itu tidak enak dilihat begitu juga sebaliknya jika artikel panjang namun dengan gambar yang minim oleh karena itu gunakanlah gambar sesuai kebutuhan .

12. Letakkan gambar di dalam artikel bukan diatas artikel 

Ini kesalahan yang sering dilakukan pemula , ia meletakkan gambar diatas artikel namun ternyata hal itu salah karena google akan membaca artikel terlebih dahulu namun jika anda meletakkan gambar sebelum artikel maka robot google akan kesulitan dalam mengindex dan menjelajahi artikel anda .
Sebaiknya letakkan gambar di bawah paragraf pertama ataupun di bawah 20 kata pertama untuk gambar paling atas , dan untuk gambar selanjutnya terserah mau diletakkan dimana .

13.Perhatikan Jumlah Kata dalam artikel

jumlah kata
Teknik selanjutnya perhatikan jumlah kata , artikel yang baik itu seharusnya memiliki 500 – 2000 artikel atau lebih juga bisa . namun itu semua harus sesuai dengan tema dan berisi artikel yang dapat membantu juga bukan hasil copy paste ataupun spinner .
Google lebih menyukai artikel dengan jumlah kata yang panjang karena dianggap memiliki informasi yang lebih banyak dibanding artikel dengan jumlah kata yang minim .
Selain itu jumlah kata juga mempengaruhi posisi kedudukan artikel pada mesin pencari , semakin banyak kata yang dibuat maka akan semakin besar potensi masuk pageone dan berada di posisi atas  search engine .
Jadi disini artikel yang berkuasa terhadap pageone ialah artikel yang memiliki jumlah kata yang banyak sekitar 1000-2000 kata .

Namun mengapa ada artikel di pageone yang jumlah katanya sedikit ? jawabannya ada 2 blackhat atau backlink karena selain jumlah kata yang paling menentukan posisi artikel ialah backlink , bukan jumlahnya tetapi kualitasnya .
Backlink dengan kualitas terbaiklah yang berada pada posisi teratas mesin pencari .

14.Peletakan Tanda Baca

Mungkin yang ini saya tidak perlu menjelaskan panjang lebar lagi , saya disini hanya menyarankan untuk lebih memperhatikan tanda baca didalam sebuah artikel seperti huruf kapital , titik ,dan tanda koma ataupun tanda baca lainnya .
Sedikit saja salah meletakkan tanda baca maka pembaca artikel anda akan merasa kurang dan sudah tidak puas lagi , meskipun kita manusia yang tidak luput atas kesalahan dan pasti melakukan kesalahan tapi setidaknya kita bisa memperkecil kesalahan kita sehingga tidak terlihat oleh orang-orang .

15.Gunakan Bahasa Yang Sopan

Bahasa adalah budaya bangsa , bahasa juga menjadi salah satu hal utama dalam sebuah artikel baik itu cara penyampaian , kalimat , penyambungan kata dll. Untuk itu kita harus menggunakan bahasa yang sopan agar pembaca nyaman dan senang bukan malah menggunakan bahasa yang kasar !!

16. Letakkan Internal dan Eksternal Link

Jangan lupa untuk meletakkan internal dan eksternal link minimal 3 internal link dan maksimal 2 eksternal link  di dalam sebuah artikel . Internal link ialah link yang megarah ke dalam blog itu sendiri sedangkan eksternal link ialah link yang mengarah ke luar blog tersebut yang berkaitan dengan materi yang sedang dibahas .

17.Gunakan Teknik Sindycate rewrite content

syndicate content
Syndicate content ialah gabungan beberapa artikel unggulan yang dibuat menjadi satu artikel utuh . artikel seperti inilah yang paling disukai oleh google , sedangkan syndicate rewrite content ialah gabungan beberapa artikel unggulan yang digabungkan menjadi satu artikel namun ditulis ulang terlebih dahulu sehingga tidak terdeteksi copy paste .

18.Sediakan Linkable Asset

linkable asset
Linkable asset ialah data-data atau hal-hal pendukung di dalam sebuah artikel , linkable asset ini bisa berupa file pdf , grafik , ataupun tabel yang berhubungan dengan artikel yang dibahas .
Linkable asset ini dapat mempermudah pengunjung dan juga mampu menarik nilai besar dari google terhadap artikel tersebut sehingga lebih mudah berada di pageone mesin pencari (search engine ) .

19.Sediakan Materi Pendukung

Materi pendukung ini hampir sama dengan linkable asset namun bedanya materi pendukung ini berisi kelengkapan dari materi yang telah kita buat . contoh materi pendukung ialah video , script , gambar , screenshot dan lain sebagainya yang fungsinya sama dengan linkable asset tadi .

20.Gunakan Penutup yang Baik

Yang terakir gunakanlah penutup yang baik , penutup yang baik ialah penutup yang berisi kata-kata sopan dan berterimakasih kepada pengunjung karena telah membaca artikel yang kita buat dan jangan lupa letakkan keyword pada paragraf penutup dan ajakan untuk melihat artikel-artikel lainnya di dalam blog tersebut .
Nah , bagaimana sobat Artikel Pintar itulah tadi 20 teknik menulis artikel berkualitas dan seo yang saya gunakan selama ini , silahkan sobat mencoba dan jangan lupa untuk memahami tiap-tiap teknik dari artikel ini ...
Terimakasih ...



Demikianlah Artikel Teknik Menulis Artikel Berkualitas

Sekianlah artikel Teknik Menulis Artikel Berkualitas kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Teknik Menulis Artikel Berkualitas dengan alamat link https://tipstopmarketing.blogspot.com/2016/07/teknik-menulis-artikel-berkualitas.html

0 Response to "Teknik Menulis Artikel Berkualitas"

Post a Comment

Jika Ingin Membaca artikel ini klik Pada Image Di artikel