Teks Cerita Fiksi (Pengertian, Struktur Teks, dan Kaidah Kebahasaan Teks Cerita Fiksi)

Teks Cerita Fiksi (Pengertian, Struktur Teks, dan Kaidah Kebahasaan Teks Cerita Fiksi) - Hallo sahabat TIPS BELAJAR BISNIS ONLINE DAN INTERNET MARKETING, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Teks Cerita Fiksi (Pengertian, Struktur Teks, dan Kaidah Kebahasaan Teks Cerita Fiksi), kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel indonesia, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Teks Cerita Fiksi (Pengertian, Struktur Teks, dan Kaidah Kebahasaan Teks Cerita Fiksi)
link : Teks Cerita Fiksi (Pengertian, Struktur Teks, dan Kaidah Kebahasaan Teks Cerita Fiksi)

Baca juga


Teks Cerita Fiksi (Pengertian, Struktur Teks, dan Kaidah Kebahasaan Teks Cerita Fiksi)

Teks Cerita Fiksi (Pengertian, Struktur Teks, dan Kaidah Kebahasaan Teks Cerita Fiksi)


Pengertian Teks Cerita Fiksi

Teks cerita fiksi adalah cerita rekaan. Teks cerita fiksi dibuat berdasarkan hasil olahan imajinasi pengarangnya secara artistik dan intens yang diwarnai oleh kultur, pengalaman batin, filosofi, religiusitas, dan latar belakang pengarang lainnya.
TEKS CERITA FIKSI (Pengertian, Struktur Teks, dan Kaidah Kebahasaan Teks Cerita Fiksi)

Teks cerita fiksi merupakan salah satu genre karya sastra yang berisi cerita rekaan hasil imajinasi pengarang. Imajinasi pengarang teks cerita fiksi tersebut diolah berdasarkan pengalaman, pandangan, tafsiran, kecendikiaan, wawasan, dan penilaiannya terhadap berbagai peristiwa, baik peristiwa nyata maupun peristiwa hasil rekaan semata.


Struktur Teks Cerita Fiksi

Struktur teks cerita fiksi dalam novel tidak berbeda dengan struktur cerpen. Secara keseluruhan, struktur yang membangun teks cerita fiksi dalam novel terdiri dari abstra, orientasi, komplikasi, evaluasi, resolusi, dan koda. Namun, tidak sedikit juga teks cerita fiksi dalam novel yang hanya berstrukturkan orientasi, komplikasi, evaluasi, dan resolusi. Untuk lebih jelasnya bisa simak dibawah.

1. Abstrak, bagian ini hanyalah opsional boleh ada ataupun tidak. Bagian ini merupakan inti dari dari teks cerita fiksi.
2. Orientasi, pada bagian ini berisi pengenalawan tema, latar dan juga tokoh. Tahap orientasi ini merupakan bagian awal dari sebuah teks cerita fiksi dalam novel.
3. Komplikasi, merupakan klimaks dari teks cerita fiksi karena pada bagian ini mulai muncul berbagai permasalahan.
4. Evaluasi, merupakan bagian yang berisi mulai munculnya pemecahan dan penyelesaian masalah.
5. Resolusi, merupakan bagian berisi pemecahan masalah dari masalah yang dialami tokoh.
6. Koda (reorientasi), berisi amanat dan juga pesan-pesan positif yang bisa dipetik dari teks cerita fiksi.



Kaidah Kebahasaan Teks Cerita Fiksi

Ciri kebahasaan atau kaidah kebahasaan teks cerita fiksi merupakan salah satu cara agar kita dapat mengetahui apakah teks tersebut termasuk kedalam teks cerita fiksi dalam novel atau bukan. Teks cerita fiksi memiliki 3 ciri kebahasaan, diantaranya sebagai berikut.

1. Metafora, merupakan majas perumpamaan yang membandingkan benda dengan melukiskan secara langsung atas dasar sifat yang sama.
2. Metonimia, merupakan gaya bahasa yang menggunakan kata tertentu sebagai pengganti kata sebenarnya karena memiliki pertalian yang begitu dekat.
3. Simile (persamaan), merupakan perbandingan yang bersifat eksplisit dengan maksud menyatakan sesuatu saa dengan hal yang lain. Gaya bahasa simile ini ditandai dengan kata pembanding seperti, seumpama, laksana, selayaknya, dan sebagainya.



Demikianlah Artikel Teks Cerita Fiksi (Pengertian, Struktur Teks, dan Kaidah Kebahasaan Teks Cerita Fiksi)

Sekianlah artikel Teks Cerita Fiksi (Pengertian, Struktur Teks, dan Kaidah Kebahasaan Teks Cerita Fiksi) kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Teks Cerita Fiksi (Pengertian, Struktur Teks, dan Kaidah Kebahasaan Teks Cerita Fiksi) dengan alamat link https://tipstopmarketing.blogspot.com/2016/07/teks-cerita-fiksi-pengertian-struktur.html

0 Response to "Teks Cerita Fiksi (Pengertian, Struktur Teks, dan Kaidah Kebahasaan Teks Cerita Fiksi)"

Post a Comment

Jika Ingin Membaca artikel ini klik Pada Image Di artikel