Pilih Tokopedia atau Bukalapak

Pilih Tokopedia atau Bukalapak - Hallo sahabat TIPS BELAJAR BISNIS ONLINE DAN INTERNET MARKETING, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Pilih Tokopedia atau Bukalapak, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Tips And Trik, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Pilih Tokopedia atau Bukalapak
link : Pilih Tokopedia atau Bukalapak

Baca juga


Pilih Tokopedia atau Bukalapak

Pilih Tokopedia atau Bukalapak

Selamat malam agan-agan semua, kembali lagi dengan saya admin kuliah-e.top. Pada post kali ini saya akan merivew atau membahas tentang Tokopedia dan bukalapak. Agan-agan semua pasti sudah tidak asing mendengar tokopedia dan bukalapak, yap, toko online ini memang sedang naik daun. Lalu apa saja yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini. Oke langsung saja dari pada penasaran. 
Sebelum kita bahas pilih tokopedia atau bukalapak, ada baiknya kita harus tahu dulu sejarah kedua perusahaan toko online tersebut.

Sejarah Tokopedia

Tokopedia.com resmi diluncurkan ke publik pada 17 Agustus 2009 di bawah naungan PT Tokopedia yang didirikan oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison pada 6 Februari 2009. Sejak resmi diluncurkan, PT Tokopedia berhasil menjadi salah satu perusahaan internet Indonesia dengan pertumbuhan yang sangat pesat. Kita tahu sampai saat ini tahun 2016, tokopedia masih sangat di gandrungi oleh masyarakat indonesia. okopedia berhasil mencetak sejarah sebagai perusahaan teknologi pertama  di Asia Tenggara, yang menerima investasi sebesar USD 100 juta atau sekitar Rp 1,2 triliun dari Sequoia Capital dan SoftBank Internet and Media Inc (SIMI) (sumber wikipedia)

Sejarah Bukalapak

Bukalapak didirikan oleh Achmad Zaky pada awal tahun 2010 sebagai divisi agensi digital bernama Suitmedia, yang berbasis di Jakarta. Namun, Bukalapak baru berstatus sebagai sebuah Perseroan Terbatas (PT) pada September 2011 dan dikelola oleh manajemen yang dipimpin oleh Achmad Zaky sebagai CEO (Chief Executive Office) dan Nugroho Herucahyono sebagai CTO (Chief Technology Officer)

Itu merupakan sejarah dari tokopedia dan bukalapak, memang jika kita lihat bahwa tokopedia lebih dahulu di dirikan. TAPI apakah Bukalapak yang TERBAIK daripada Bukalapak ??? Oke disini saya tidak akan menjelekan salah satu di antara keduanya. Di sini saya hanya memberikan data-data apa yang saya dapat. Saya juga sebagai MEMBER dari kedua toko online tersebut. Dan saya berharap juga bagi teman-teman yang punya pengalaman di antara keduanya, silahkan di share di kolom komentar.

1. Perbandingan dari segi tampilan toko

Untuk masalah tampilan atau desain template dari kedua toko online (Tokopedia dan Bukalapak) manakah yang lebih bagus dan responsive atau friendly baik untuk pembeli atau penjual(member) ? Oke mari kita lihat wajah tampilan kedua toko online tersebut.

Pilih Tokopedia atau Bukalapak
(Tampilan toko bukalapak)

Pilih Tokopedia atau Bukalapak

(Tampilan tokopedia)

  • Dari segi tampilan atau desain saya akui bahwa tampilan dari bukalapak sangat simpel dan mudah untuk di guanakan untuk belanja. Dengan warna template merah merah maron, menurut saya tampilannya simpel gak ribet dan enak untuk di pandang.
  • Itu adalah tampilan tokopedia ketika saya sudah login ke akun saya, kita bisa lihat memang cukup riber, karena terlalu banyak widget atau pengaturan toko kita yang muncul di samping kiri. Berbeda dengan bukalapak yang akan tampil jika kita klik menu akun kita di pojok kanan atas. Sedangkan dari segi warna menurut saya kurang menarik, karena hanya berwarna putih tidak akan yang membuat menarik.
Pilih tokopedia atau bukalapak ? Untuk bagian desain atau tampilan saya lebih pilih BUKALAPAK.

2. Perbandingan dari segi kecepatan loading toko






Pilih Tokopedia atau Bukalapak



Pada perbandingan ini saya menggunakan gtmetrix analyze sebagai piranti untuk mengukur kecepatan loading kedua website toko online tersebut. Dari hasil analisis menunjukan bahwa tokopedia memiliki kecepatan loading yang cukup cepat di banding bukalapak. Tokopedia hanya membutuhkan waktu 6.3 c sedangkan bukalapk harus membutuhkan waktu 11.0s. Walaupun memiliki nilai yang sama yaitu 89%. Untuk pembuktian dan lebih rincinya silahkan di cek di website gtmetrix.com.
Tapi saya sebagai member dan sering juga cari barang dari kedua toko ini, saya sering mendapati kalo loading tokopedia kadang lelet banget, berbeda dengan bukalapak yang cukup cepat. Ini mungkin di sebabkan oleh server tokopedia yang penuh. SAYA pernah mendapati server tokopedia penuh, kemudian muncul tulisan, kalo tokopedia tidak bisa di akses, harus nunggu beberapa waktu. Silahkan lihat buktinya di bawah ini.

Pilih Tokopedia atau Bukalapak
(ini adalah screen shoot yang saya ambil ketika tokopedia sedang kepenuhan pengunjung)
Ini mungkin menjengkelkan untuk sebagian orang yang gak sabar, Jika ini sering terjadi maka bisa-bisa pembeli pindah toko sebelah. Semoga cepat di perbaharui oleh pihak tokopedia.

Pilih tokopedia atau bukalapak ? untuk masalah ini saya pilih BUKALAPAK.

3. Perbandingan dari segi fitur atau pelayanan yang ada di kedua toko

Ini yang membuat saya sedikit jengkel dengan TOKOPEDIA, mengapa ? karena, saya sering banget nemuin barang di tokopedia, status barangnya ready atau masih ada. Tapi setelah di tanya oleh penjualnya katanya HABIS !!!. dan itu tidak hanya 1 kali muncul atau 2 kali muncul, tapi saya heran kayaknya emang gak di hapus oleh pihak penjual atau kalo gak system tokopedia. Seharusnya kan kalo barang udah kebeli status barang sudah habis. Dan yang saya herankan ini hampir setiap barang khususnya Handphone. SANGAT-SANGAT tidak real time. Pokoknya ribet dah tokopedia,
Berbeda dengan bukalapak, saya jarang banget nemuin masalah seperti yang saya jelaskan tadi. kalo bisa saya katakana, hampit 95% real time dalam masalah status barang di bukalapak.

Pilih tokopedia atau bukalapak ? Untuk masalah ini saya pilih BUKALAPAK.

4. Dari segi fitur chat antar pembeli dengan penjual

Untuk masalah ini, bukalapak menyediakan fitur chat yang sangat-sangat bagus dan simpel. Pokoknya kita seperti sedang SMS/whatsapp an sama si penjual. Jadi sebelum membeli kita bisa nanya-nanya sepuasnya hanya antara kita dan penjual yang tahu. Untuk diskusi barang juga ada di bukalapak. kalo ini semua orang bisa melihat/membaca apa yang sedang kita diskusikan.
Ini sangat berbeda dengan TOKOPEDIA, sangat-sangat ribet dan ribet. Kalo di tokopedia tidak ada fitur chat langsung antar pembeli dengan penjual, adanya cuma diskusi barang. Pokoknya ribet dah. 
Selain itu, penyimpanan atau pesan-pesan kita (saya bingung ngomongnya gimana hehe) Intinya di TOKOPED ribet.

Pilih tokopedia atau bukalapak ? Untuk maslah ini saya jelas pilih BUKALAPAK.

5. Dari segi keamanan dari kedua toko

Untuk maslaah ini, saya yakin kedua toko memiliki system yang bagus dan menurut saya sangat kecil terjadi penipuan ataupun uang kita tidak di bayar oleh pihak tokoped atau bukalapak. kecuali karena kesalahan atau melanggar aturan toko tersebut sehingga bisa terjadi penipuan.

Pilih tokopedia atau bukalapak ? Untuk masalah ini saya pilih tokopedia dan bukalapak.


Oke agan-agan semua, itu saja yang dapat saya bahas, mungkin banyak permasalah yang agan-agan pernah alamai dengan kedua toko ini, silahkan di share di kometar. Ini semua bukan tujuan saya menjelekan TOKOPEDIA ataupun BUKALAPAK, di sini saya hanya menyempaikan apa yang saya alamai atau rasakan ketika menggunakan kedua toko ini.


Demikianlah Artikel Pilih Tokopedia atau Bukalapak

Sekianlah artikel Pilih Tokopedia atau Bukalapak kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Pilih Tokopedia atau Bukalapak dengan alamat link https://tipstopmarketing.blogspot.com/2016/08/pilih-tokopedia-atau-bukalapak.html

0 Response to "Pilih Tokopedia atau Bukalapak"

Post a Comment

Jika Ingin Membaca artikel ini klik Pada Image Di artikel